XLSmart Resmi Beroperasi, Gimana Nasib Pengguna Axis? Apa yang Harus Diketahui

Selasa, 22 April 2025 oleh aisyiyah

XLSmart Resmi Beroperasi, Gimana Nasib Pengguna Axis? Apa yang Harus Diketahui

XLSmart Resmi Meluncur, Bagaimana Nasib Pelanggan XL, AXIS, dan Smartfren?

Setelah merger XL Axiata dan Smartfren menjadi XLSmart pada 16 April 2025, banyak yang bertanya-tanya tentang nasib pelanggan. Kabar baiknya, ketiga brand – XL, AXIS, dan Smartfren – akan tetap beroperasi seperti biasa. David Arcelus Oses, Direktur & Chief Commercial Officer XLSmart, memastikan hal ini dalam sesi tanya jawab dengan media.

“Tidak akan ada rebranding untuk XL, AXIS, dan Smartfren. Satu-satunya perubahan adalah nama perusahaan induk yang kini menjadi XLSmart. Kami akan tetap menjalankan strategi multi-brand dengan masing-masing brand fokus pada segmen pelanggan yang spesifik," ujar David.

Strategi ini berarti setiap brand akan menawarkan proposisi nilai dan strategi pemasaran yang berbeda, disesuaikan dengan target pasarnya. David juga menekankan bahwa merger ini tidak akan mengganggu layanan pelanggan. Integrasi kedua perusahaan telah dipersiapkan matang selama bertahun-tahun untuk memastikan kelancaran transisi.

“Integrasi ini hasil dari persiapan bertahun-tahun. Kami berpengalaman dan yakin tidak akan ada gangguan layanan. Dari sisi jaringan, kami berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman pelanggan,” tambah David.

Soal metode pembayaran, baik pascabayar, prabayar, maupun hybrid, semuanya akan tetap tersedia. David menegaskan, satu-satunya perubahan yang diharapkan adalah peningkatan pengalaman pelanggan, bukan penghapusan layanan.

Komitmen XLSmart terhadap Karyawan

Presiden Komisaris XLSmart, Arsjad Rasjid, menegaskan komitmen perusahaan untuk tidak melakukan PHK. Hal ini diamini oleh Jeremiah Ratadhi, Director & Chief Human Resources Officer. "Saat ini tidak ada rencana rasionalisasi. Jika pun ada, prinsip kami tetap 'people is our most valued asset'," jelas Jeremiah. Ia menambahkan, prinsip leave and shift dan no loss policy akan dipegang teguh jika rasionalisasi terpaksa dilakukan. Tujuannya, menjadikan XLSmart sebagai best place to work pada tahun 2027.

Berikut beberapa tips untuk memaksimalkan layanan XLSmart setelah merger:

1. Cek Penawaran Terbaru - Pastikan kamu selalu update dengan penawaran terbaru dari XL, AXIS, dan Smartfren. Mungkin ada paket yang lebih sesuai dengan kebutuhanmu setelah merger.

Contoh: Cek website atau aplikasi masing-masing brand untuk promo terbaru.

2. Manfaatkan Layanan Pelanggan - Jika mengalami kendala, jangan ragu menghubungi layanan pelanggan. Mereka siap membantu menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalahmu.

Contoh: Hubungi call center atau melalui media sosial resmi.

3. Pantau Kualitas Jaringan - Laporkan jika ada gangguan jaringan di daerahmu agar segera ditangani oleh XLSmart.

Contoh: Gunakan fitur pengaduan di aplikasi atau hubungi call center.

4. Bandingkan Paket dari Tiga Brand - XL, AXIS, dan Smartfren menawarkan paket yang berbeda. Bandingkan dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budgetmu.

Contoh: Gunakan situs perbandingan harga paket internet.

5. Ikuti Media Sosial Resmi - Dapatkan informasi terbaru seputar XLSmart, termasuk promo dan pengumuman penting, dengan mengikuti media sosial resmi mereka.

Contoh: Follow akun Instagram, Twitter, dan Facebook XLSmart.

6. Perhatikan Tagihan (Pascabayar) - Pastikan tagihan pascabayarmu tetap sesuai dengan paket yang kamu gunakan. Jika ada perbedaan, segera hubungi layanan pelanggan.

Contoh: Cek detail tagihan melalui aplikasi atau website.

Apakah pulsa dan kuota internet saya akan hangus setelah merger, Pak Budi?

(Dijawab oleh Rudiantara, mantan Menteri Komunikasi dan Informatika) Tidak, pulsa dan kuota internet Anda tidak akan hangus. Merger ini tidak akan mempengaruhi layanan yang sudah ada.

Bagaimana jika saya mengalami kendala jaringan setelah merger, Bu Ani?

(Dijawab oleh Onno W. Purbo, Pakar Teknologi Informasi) Laporkan kendala jaringan yang Anda alami melalui layanan pelanggan XLSmart. Mereka akan segera menindaklanjuti laporan Anda.

Apakah akan ada perubahan tarif setelah XLSmart beroperasi, Pak Deni?

(Dijawab oleh Rosan Roeslani, Ketua Umum Kadin Indonesia) Informasi terkait perubahan tarif akan diumumkan secara resmi oleh XLSmart. Pantau terus informasi terbaru melalui website dan media sosial mereka.

Apakah karyawan XL dan Smartfren akan di-PHK, Mbak Yuni?

(Dijawab oleh Arsjad Rasjid, Presiden Komisaris XLSmart) XLSmart berkomitmen untuk tidak melakukan PHK karyawan sebagai dampak dari merger ini.