Gahar Nih! Dengarkan Suara Mesin V4 Baru Yamaha yang Dites di Valencia, Bikin Merinding Pecinta Moge!

Jumat, 18 April 2025 oleh aisyiyah

Gahar Nih! Dengarkan Suara Mesin V4 Baru Yamaha yang Dites di Valencia, Bikin Merinding Pecinta Moge!

Yamaha Uji Coba Mesin V4 Baru yang Menggelegar di Valencia!

Yamaha diam-diam menggelar tes privat untuk motor terbarunya di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada 15-16 April 2025. Tes yang sangat tertutup ini melibatkan test rider mereka, Augusto Fernandez dan Cal Crutchlow. Meskipun tidak untuk umum, beberapa video bocor di media sosial, memperlihatkan laju dan suara gahar sang suksesor Yamaha M1.

Video-video yang direkam oleh segelintir orang yang beruntung berada di tribun Sirkuit Ricardo Tormo ini memperlihatkan Augusto Fernandez memacu motor baru Yamaha tersebut. Kabarnya, Yamaha menyiapkan dua unit motor dengan mesin V4 yang berbeda untuk diuji oleh Fernandez.

Suara mesin baru ini, seperti dilansir GridOto.com dari Paddock-GP, jauh berbeda dari mesin inline 4 crossplane yang menjadi ciri khas YZR-M1. Tidak lagi terdengar parau, mesin V4 ini terdengar lebih gahar dan bertenaga, kontras dengan kehalusan mesin inline 4 crossplane M1. Hal ini wajar, mengingat konfigurasi V4 memang cenderung menghasilkan suara yang lebih "meledak-ledak" dibandingkan inline 4.

Setelah Fernandez, giliran Cal Crutchlow yang menguji motor bermesin V4 baru ini pada 16 April. Sayangnya, Yamaha masih bungkam soal debut mesin ini di MotoGP. Tes di Valencia ini jelas sangat penting, terutama untuk menguji ketahanan mesin baru dalam jarak tempuh yang panjang.

Bos Yamaha MotoGP, Paolo Pavesio, sempat mengisyaratkan kemungkinan wildcard. "Jika proyek V4 sudah siap untuk tampil di sebuah wildcard, kami akan memanfaatkannya," kata Pavesio, seperti dilansir dari GPOne.

Berikut beberapa tips untuk memahami perbedaan mesin motor, khususnya antara inline-4 dan V4:

1. Perhatikan Konfigurasi Silinder: - Mesin inline-4 memiliki empat silinder segaris, sedangkan V4 memiliki empat silinder membentuk huruf V. Perbedaan ini mempengaruhi karakter suara dan tenaga yang dihasilkan.

2. Dengarkan Suara Mesin: - Mesin inline-4 cenderung menghasilkan suara yang lebih halus dan merdu, sementara V4 lebih gahar dan bertenaga. Coba dengarkan perbandingan suara kedua mesin di platform online.

Contoh: Cari video perbandingan suara Yamaha R1 (inline-4) dan Ducati Panigale V4.

3. Pelajari Karakter Tenaga: - Mesin inline-4 umumnya memiliki tenaga yang lebih linear dan mudah dikontrol, cocok untuk pemula. V4 lebih agresif dan bertenaga di putaran atas, cocok untuk pengendara berpengalaman.

4. Baca Review dan Spesifikasi: - Banyak sumber informasi online yang membahas detail perbedaan mesin motor. Manfaatkan sumber tersebut untuk menambah pengetahuan Anda.

5. Tanyakan pada Ahlinya: - Jika masih bingung, jangan ragu bertanya pada mekanik atau komunitas motor. Mereka dapat memberikan penjelasan yang lebih detail dan praktis.

Apakah mesin V4 lebih baik dari inline-4, Pak Mario Aji?

"Tidak ada yang lebih baik secara absolut, Mbak. Kedua mesin punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. V4 memang dikenal lebih bertenaga, tapi inline-4 biasanya lebih halus dan mudah dikontrol. Tergantung kebutuhan dan preferensi pengendara, sih."

Kapan kira-kira Yamaha akan menggunakan mesin V4 ini di MotoGP, Mas Doni Tata?

"Wah, kalau itu saya belum bisa memastikan, Mas. Yamaha sendiri masih belum memberikan keterangan resmi. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya, semoga dalam waktu dekat ada kabar baik!"

Apa keuntungan menggunakan mesin V4 untuk Yamaha, Bu Ananda Mikola?

"Potensi peningkatan performa yang signifikan, Dik. Dengan konfigurasi V4, Yamaha bisa mengeksplorasi potensi tenaga yang lebih besar dan karakter mesin yang berbeda. Ini bisa jadi strategi untuk mengejar ketertinggalan dari kompetitor."

Bagaimana suara mesin V4 baru Yamaha ini dibandingkan dengan mesin sebelumnya, Kak Galang Hendra?

"Dari video yang beredar sih, terdengar jauh lebih gahar ya, Dek. Tidak seperti suara mesin crossplane yang khas Yamaha selama ini. Lebih 'galak' dan bertenaga. Pastinya bikin penasaran untuk mendengar langsung di sirkuit!"